Flickr

<< SELAMAT >> << DATANG >>

Macam Macam Gaya Renang

Macam-Macam Gaya Olahraga Renang

  • Gaya Dada


macam-macam gaya olahraga renang
Source: olahragapedia.com

Gaya dada adalah gaya berenang yang terpopuler untuk renang rekreasi. Posisi tubuh harus stabil dan kepala berada di luar air dalam waktu yang lama.
Gaya dada atau bisa disebut juga dengan gaya katak adalah berenang dengan posisi dada yang berada di dalam permukaan air, akan tetapi berbeda dengan gaya bebas, posisi tubuh selalu dalam keadaan tetap, kedua kaki menendang ke luar permukaan air sementara tangan diluruskan ke depan.
Kedua tangan dibuka ke arah samping seperti gerakan membelah air agar badan lebih cepat maju ke depan.
Gerakan tersebut seperti meniru gerakan katak berenang sehingga terjadilah sebutan gaya katak. Pernapasan dilakukan saat mulut berada di permukaan air, sesudah satu kali gerakan kaki-tangan atau dua kali gerakan.
Baca Juga: 11 Macam-Macam Olahraga Air yang Ampuh Menghilangkan Stres!
  • Gaya Bebas


gaya bebas
Source: wayahna.com

Gaya bebas merupakan gaya dengan posisi dada di atas permukaan air. Kedua tangan digerakkan secara bergantian ke arah depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua kaki dicambukkan naik turun ke atas ke bawah secara bergantian.
Apabila sedang berenang menggunakan gaya bebas, posisi wajah harus menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan ketika tangan dikeluarkan dari air, dan ketika tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping.
Ketika perenang mengambil napas, perenang bisa memilih mengambil napas ke ke kiri atau ke kanan.
Dibandingkan dengan gaya berenang lainnya, gaya bebas adalah gaya berenang yang bisa membuat tubuh perenang lebih cepat melaju di air dibandingkan dengan gaya berenang lainnya.
Gaya bebas yaitu gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. Gaya bebas dilakukan dengan macam-macam gerakan dalam berenang yang dapat membuat perenang melaju cepat di dalam air.
Sehingga gerakan di dalam gaya bebas bisa dilakukan oleh orang lain, baik sudah terlatih maupun yang masih pemula (noob).
  • Gaya Kupu-Kupu


gaya kupu-kupu
Source: tutorialolahraga.com

Gaya kupu-kupu atau bisa disebut juga dengan gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya yang posisi dada yang menghadap ke permukaan air.
Kedua lengannya secara bersamaan ditekan ke bawah permukaan air dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke arah depan.
Sementara bagian kedua kaki harus secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan ekor ikan.
Pernapasan, udara dihembuskan secara kuat-kuat dari rongga mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari permukaan air, dan udara dihirup lewat mulut sewaktu kepala berada di luar air.
  • Gaya Punggung


gaya punggung
Source: BeritaSatu.com

Ketika berenang menggunakan gaya punggung, Posisi punggung harus menghadap ke permukaan air. Posisi wajah menghadap ke atas air sehingga dapat mengambil napas dengan mudah.
Namun perenang hanya bisa melihat ke atas dan tidak bisa melihat ke depan. Ketika sedang ada berlomba, biasanya perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.
Gaya punggung, gerakan kaki dan tangan mirip serupa dengan gaya bebas, bedanya gaya panggung posisi tubuhnya telentang di permukaan air.
Kedua belah lengan digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh secara bergantian.
Pada saat berlomba, gaya punggung mempunyai sikap start yang berbeda dengan gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu yang semuanya dilakukan di atas balok start.
Gaya punggung melakukannya startnya dari dalam kolam renang, perenang menempel pada dinding balok dan memegang besi pegangan. Kedua lutut perenang ditekuk di kedua buah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu pada dinding kolam.

sumber:https://adhimas12.blogspot.com/2019/11/macam-macam-gaya-renang.html

0 komentar:

ADHIMAS MAHCAYA